Iklan display 1

Bahasa Arab Fusha dan Amiyah, Apa Bedanya?

 

Gambar bahasa arab

Bismillahi Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Hai sobat milenial pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai perbedaan bahasa arab Fusha dan Amiyah. 

Tentu kita sering mendengar mengenai ragam bahasa Fusha dan Amiyah. Pastilah kita akan bertanya, apa si perbedaan antara bahasa arab Fusha dan Amiyah? Bukankah keduanya sama-sama bahasa arab?

Fusha maupun Amiyah sama-sama digunakan oleh masyarakat arab untuk berkomunikasi. Namun yang membedakan antara keduanya ialah penggunaan dua ragam bahasa ini pada kondisi dan situasi yang berbeda. 

1. Bahasa Arab Fusha

Bahasa Arab Fusha biasa digunakan sebagai media komunikasi dalam situasi dan kondisi formal. Dalam artian ragam ini digunakan oleh masyarakat dalam keadaan resmi atau formal. Seperti di sekolah atau dunia pendidikan, sistem pemerintahan, media, dan lainnya. 

Bahasa Arab Fusha lazimnya sangat memerhatikan dan terikat dengan kaidah yang sesuai dengan nahwu maupun shorof. Jadi simpelnya, bahasa arab Fusha seperti ragam bahasa baku yang selaras dengan aturan yang berlaku, dan digunakan pada kondisi tertentu. 

Pada praktiknya, bahasa arab Fusha terbagi menjadi dua bentuk. Yakni bahasa Fusha tulis dan lisan. Bahasa Fusha tulis merupakan bahasa yang digunakan dalam kepentingan tulis, seperti pada artikel ilmiah. Adapun bahasa Fusha lisan merupakan bahasa yang digunakan untuk komunikasi secara lisan. Misalnya digunakan pada forum akademis dan siaran reportase.

2. Bahasa Arab Amiyah 

Jika bahasa arab Fusha seperti bahasa baku, maka bahasa arab Amiyah merupakan bahasa yang biasa digunakan untuk berkomunikasi harian. Bahasa Amiyah cenderung bebas dan tidak terikat. Tidak seperti bahasa arab Fusha yang terikat. 

Oleh sebab itu, penempatan dan pemakaiannya biasa digunakan dipasar atau sebagai alat komunikasi sehari-hari. Bahasa Arab Amiyah dinilai sangat mudah digunakan daripada bahasa Fusha. Setiap negarapun memiliki beberapa perbedaan dalam bentuk amiyahnya. 

Baik berbeda secara kosakata maupun hanya pada huruf-huruf nya saja. Seperti pada kata apa dan tidak tahu. Pada bahasa arab Amiyah Saudi, kata "apa" berupa إيس. Kemudian pada kata "tidak tahu" berupa موعارف.

Sedangkan pada bahasa Amiyah Mesir kata "apa" berupa ايه. Dan kata "tidak tahu" berupa موش اعرف. Dan pada bahasa Amiyah Sudan juga berbeda. Dalam Amiyah Sudan kata "apa" berupa شنو, dan kata "tidak tahu" berupa مااعرف.

Selain itu perbedaan huruf dalam pengucapan juga ada yang berbeda. Jika dalam Amiyah Saudi huruf ق dilafalkan menjadi G. Namun dalam Amiyah Mesir huruf ج dilafalkan menjadi G. Contohnya, القهوة dilafalkan al-ghahwah (Amiyah Saudi). Kemudian الجامعة dilafalkan al-ghamiah (Amiyah Mesir). 

Kemudian contoh perbedaan bahasa arab Fusha dan Amiyah ialah sebagai berikut:

خير - كويس -baik

امام - قدّام - di depan

أمس - انبارح - kemarin

خارج - برّا - di luar

داخل - جوّا - di dalam.

*Warna hijau Fusha sedangkan merah Amiyah.

Itulah perbedaan antara bahasa arab Fusha dan Amiyah. Jika bahasa arab Fusha terikat dengan kaidah yang berlaku maka Amiyah tidak terikat atau bebas, dan digunakan dalam percakapan sehari-hari. Terimakasih semoga bermanfaat ya.



*Sumber: buku Cara Mudah Belajar Bahasa Arab Amiyah Dialek Arab Saudi dan Mesir. Karya Aprijon Efendi 


Fika salsabila Fika azlia salsabila

Belum ada Komentar untuk "Bahasa Arab Fusha dan Amiyah, Apa Bedanya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2